Pengalaman Menakutkan UN

Pengalaman Menakutkan UN

Pengalaman Menakutkan UN - Hai-hai, kali ini Penulis mau memberikan pengalaman berharga dalam mengerjakan UN kemarin.Sesuai judulnya, sebenarnya UN tidak menakutkan, sebetulnya ada kejadian yang unik dan mengesankan yang saya alami.UN mungkin sekarang bukan penentu kelulusan,seperti beberapa tahun lalu.Tapi UN masih dianggap momok oleh sebagian siswa, karena UN masih digunakan untuk pertimbangan dalam pendaftaran PTN.Makanya saya berharap nilai-nilai UN-ku bagus.Berikut ini adalah pengalaman saya menghadapi dan mengerjakan UN.Selamat Menyimak.

PERSIAPAN UN
Pengalaman Menakutkan UN

Dalam menghadapi UN, saya sempat kalang kabut, karena waktu persiapanku yang sangat mepet, karena saya tergolong siswa yang sangat malas, sehingga sulit banget bagiku untuk membuka sebuah buku.Sebenarnya saya sudah tekankan pada saat bulan Januari, saya akan sungguh-sungguh dalam belajar, tepi karena malas, molor-molor terus (Jangan Ditiru ya...).Sebenarnya aku sudah punya akun Quipper Video tapi karena kemalasanku (Kemalasan mengalahkan segalanya) lagi-lagi aku tergoda oleh godaan malas yang ada dalam tubuhku.
Pengalaman Menakutkan UN
Sampai di bulan Februari, akhirnya aku dapat mengalahkan kemalasanku dengan belajar Quipper Video, sedikit demi sedikit aku belajar Quipper Video ternyata kocak juga pembelajarannya gak bosenin terutama Kak Ferry yang membuat aku suka matematika.Tapi saat pertengahan Februari, aku sempat buyar konsentrasiku, karena aku harus menghadapi Ujian Sekolah di akhir Februari yang semua pelajaran diujikan, sampai-sampai Penjasorkes ada ujian teorinya, sampai-sampai aku harus menghentikan nonton Quipper Video beralih belajar semua pelajaran di sekolah.

Ujian Sekolah dilaksanakan saat akhir Februari hingga minggu pertama Maret.Akhirnya kelar juga US-nya, sangat membuatku lega... .Rintangan pertama dapat kulalui dengan sempurna.Tapi setelah itu, aku ketakutan karena UN kurang sebulan (H-30) WHAAAT !! .Belum lagi aku gak paham semua materi Fisika dan Kimia yang membuat aku putus asa.Sebetulnya aku ingin hasil UN-ku sangat baik minimal rata-rata 80 agar dapat mendaftar Monbukagakusho (Beasiswa Pemerintah Jepang) yang aku idam-idamkan.Inilah yang membuat aku belajar sungguh-sungguh Quipper Video.

 Tapi kelihatannya rintangan belum berakhir, karena sekolah mengadakan banyak try out dan saat setelah mengerjakan try out kami tidak boleh pulang karena kami harus ikut jam tambahan.Setelah lelah menghitamkan lembar jawaban,kami harus ikut juga jam tambahan hingga siang.Pada saat jam tambahan aku lelah sekali, hingga mengantuk dan ingin tidur.Jadi saat pulang sekolah langsung tidur apalagi perjalanan pulang dari sekolah, karena rumahku cukup jauh dari sekolah, jadi gak sempet belajar Quipper Video T_T ikikikikikhh hingga try out berakhir.

Setelah Try Out berakhir, aku takut lagi setengah mati menghadapi UN karena UN tinggal 2 minggu lagi (H-14) karena aku belajar penuh Fisika dan Kimia karena aku baru belajar dengan Pak Ardiansyah (B. Indo) dan Kak Ferry (Math) dan waktu terasa cepat, terasa mengejarku.Tapi sekolah terus mengadakan jam tambahan sampai UN, yang membuatku lelah dan tampak tidak efektif untukku karena aku tidak dapat menangkap apa-apa yang diterangkan guru di sekolah.Sehingga aku memberanikan diri untuk bolos beberapa hari agar dapat belajar sendiri lewat Quipper Video.

Aku jadi serasa punya guru-guru privat di rumah.Guru yang aku paling suka adalah Kak Ferry dan Pak Ardiansyah karena kocak banget dan membuat aku paham materinya, tidak kalah juga Kak Meiva jadi paham deh trik-trik untuk menemukan jawaban dari teks bahasa Inggris (Teknik Skimming, Scanning dll) dan pola-pola kalimat bahasa Inggris.Apalagi Pak Victor yang suara beratnya yang menerangkan biologi dengan meringkas seperti mind mapping... kocak banget saat menerangkannya.Tidak lupa kak Cecep yang membuat aku sedikit paham materi Fisika, karena keterbatasan waktu tidak semua aku pelajari.Dan juga Kak Putri, waah ini, jadi betah deh berjam-jam di depan laptop, jadi baper dan salah fokus wkwkwkwk (bercanda) seru banget nerangin kimia nya, meskipun yaah seperti fisika tidak semua aku pelajari.Ditemani dengan cemilan dan musik membuat aku sangat rileks dalam belajar

Selain dari Quipper Video banyakin deh latihan-latihan soal dari buku UN dan di Quipper Video dan juga baca deh tips dan trik menghadapi UN di Quipper Video Blog dijamin deh manjur karena sudah aku praktekin.Meskipun hanya paham beberapa materi saja, karena masalah waktu, belum pelajari semuanya (Integral & Turunan belum dipelajari), aku tetap yakin dapat melalui UN dengan baik dengan bantuan Allah SWT, selain belajar dan latihan soal, banyakin deh berdoa kepada Allah SWT, agar diberi kemudahan pada saat mengerjakan.

HARI-HARI YANG DITUNGGU-TUNGGU
  • HARI 1 UN
Pengalaman Menakutkan UN
Hari pertama aku datang awal sekali ke sekolah (tidak biasanya, karena kalo ke sekolah, aku sering terlambat dan masuk BK hehe), ke masjid, Sholat Dhuha dan berdoa.Aku kurang beruntung nih, karena duduk paling depan meja pengawas, yang pastikan membuat kurang tenang dalam mengerjakan tapi jalani aja ya.Setelah pengawas datang dan masuk kelas, kedua pengawasnya dari wajahnya kayaknya kalem-kalem nih, aman dan tentram nih hehe.Ujian pertama adalah Bahasa Indonesia, aku cukup pede nih karena sudah belajar dengan Pak Ardiansyah dan akhirnya aku dapat mengerjakannya dan kelihatan mudah bagiku dan aku yakin dapat nilai bagus di pelajaran ini.

Ujian kedua adalah kimia, kalo ini aku sedikit takut apalagi pengawas yang cowok itu, posturnya tegap, rambut bros, kayak personil TNI, yang cowok agak menyeramkan, menggunakan mata elang-nya dalam mengawas dan pura-pura tidur (tapi kelihatan sekali, wkwkwk) bahkan ada teman saya yang tertangkap tangan membawa HP saat mengerjakan ujian, belakangku lagi, bikin gemetaran aja.Tapi aku dengan tenang mengerjakan kimia, yang aku yakin sekitar 25 nomer lumayan-lah buat aku, yang lain aku menggunakan jurus rahasiaku.Jurus rahasiaku adalah yaaakk jurus super mengarangku yang sudah kupelajari sejak try out, yang harus kukeluarkan di saat genting.Hari pertama aku sangat lega karena dapat mengerjakannya dengan bantuan Guru-Guru Quipper Video.
  • HARI 2 UN
Hari ini, Matematika dan Biologi, sebenarnya yang jadi momok adalah biologinya, karena belajarnya banyak hafalan tapi tak apalah tetap optimis karena sudah belajar.Matematika aku dapat mengerjakan 33, benar-benar Miracle, dan Biologi aku banyak kesulitan, banyak menggunakan jurus rahasia, tapi tetap optimis dan banyak berdoa.
  • HARI 3 UN
Hari yang ketiga UN adalah hari yang ditunggu-tunggu, karena ini hari terakhir.Setelah mengerjakan Fisika pesta-pesta hehe, tenang sob.. pestanya cuma makan-makan bareng temen, makan mie level yang paling pedas hingga mules pulangnya.Ujian pertama (Bahasa Inggris) sangat luwes tangan saya membulatkannya karena Bahasa Inggris masih bisa dipikir-pikir, tidak berat-berat, karena berkat teknik yang diajarkan Kak Meiva hehe.

Ujian kedua sangat berat bagi saya karena Fisika, ditambah desas-desus tidak enak dari teman kelas sebelah.
Teman Kelas Sebelah : "Nanti pengawasmu tidak enak, terutama yang lagi hamil, suka ngeliatin dan   marah-marah."
Ini pengawas lagi ngidam yaa.. hehe.Dan ternyata benar pengawasnya yang itu.Pengawasnya yang hamil benar-benar mengawasi gerak-gerik kami.Ada kejadian yang menarik nih, saat Fisika, yang pengawas satunya, yang mentang-mentang sekolah asalnya ber-AC, sekolah kami-kan tidak ber-AC, karena sekolah adiwiyata.Pengawas itu mengeluh dan berkata dan bertanya pada kami.
Pengawas Yang Satunya : "Sumuk ya Cah?" (Gerah ya Nak?)
Dan sontak kami sekelas menjawab dengan lantang
Siswa : "Ndaaaak !"
Pengawas itu hanya dapat tertawa kecil.Di ujian Fisika aku sempat pusing menjawabnya karena 1 soal, caranya beranak dan bercabang, tapi kerjain aja, lumayan dapat 20 nomer.Yang paling ditunggu-tunggu adalah bel selesai ujian, menandakan berakhirnya perjuangan kami di SMA selama 3 tahun, jadi bingung deh mau senang apa sedih wkwkwk.

Pengalaman Menakutkan UN

PENGUMUMAN UN

Ini adalah hari yang ditunggu-tunggu seluruh kelas XII di seluruh Seantero Negeri.Seluruh keluargaku dan aku menunggu pengumuman UN di web sekolah, saat menunggu-nunggu, aku selalu berdoa agar diberi nilai yang baik.Dan akhirnya muncul juga, dan aku dinyatakan LULUS, Alhamdulillah.

Pengalaman Menakutkan UN

Dan keesokan harinya, kami diberitahu hasil nilai UN di sekolah, dan aku tak menyangka, ternyata aku peringkat ke-2 tertinggi di kelas.Aku senang sekali, padahal aku tidak pernah masuk ranking 10 besar sejak kelas 10.Meskipun nilaiku hanya segitu, dan tidak dapat mengikuti Beasiswa Monbukagakusho, aku tetap mensyukurinya.Dan ini tentu berkat Quipper Video.Terima Kasih Quipper

Dan untuk kalian yang akan menghadapi UN.Saya punya beberapa tips dari pengalaman saya :)
  1. Belajarlah dari jauh-jauh hari
  2. Jaga kondisimu
  3. Latihan Soal karena tipe soal pasti sama dengan tipe soal UN tahun kemarin (hanya diganti angkanya)
  4. Rapikan tampilan dan jagalah perilaku agar tidak mencolok dan menjadi perhatian pengawas
  5. Hindari Virus Malas
  6. Lakukan Hal-hal yang belum pernah di sekolah, agar tetap dikenang saat sukses nanti seperti Menggunakan WC Guru, Bolos jam pelajaran (Ini pilihan)
  7. Dan tentunya belajar Quipper Video dan baca tips dan trik di Quipper Video Blog
Sekian postingan saya tentang Pengalaman Menakutkan UN.Semoga Bermanfaat.

Sumber Gambar :
http://www.harianindo.com/wp-content/uploads/2016/04/memeun201611.jpg
https://assets.jalantikus.com/assets/cache/0/0/userfiles/2016/04/04/meme-ujian-nasional-6.jpeg
http://cdn.klimg.com/resized/660x/g/m/e/meme_lucu_menjelang_ujian_nasional_lucunya_bikin_nggak_deg-degan/meme_un-20160402-001-rita.jpg
http://www.loop.co.id/uploads/article/media_upload/1084/Cover_Menghadapi-UN.jpg

3 Responses to "Pengalaman Menakutkan UN"

  1. Good Luck kawan :)
    mampir juga : http://www.septhianyogas.id/2016/05/susah-belajar-lewat-buku-lulus-un.html

    ReplyDelete
  2. Pengalaman yang menarik kawan ,semoga sukses
    jangan lupa visit http://setyoadiiw.blogspot.com/

    ReplyDelete
  3. eToro is the #1 forex broker for beginner and full-time traders.

    ReplyDelete

Komentar Anda Membuat Kami Menjadi Lebih Baik :)